Tuesday, April 21, 2015

Inilah Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal

ginjal
Ginjal adalah sepasang organ tubuh manusia berbentuk seperti kacang, yang terletak di rongga perut bagian atas tepat di bawah tulang rusuk, masing-masing satu di setiap sisi tulang belakang. Ginjal bertugas mendetoksifikasi (mengeluarkan racun) darah dan membantu tubuh dalam menyaring produk limbah melalui urin.

Fungsi utama lain dari ginjal adalah membuang kelebihan cairan dari tubuh. Mereka juga membantu mempertahankan kondisi cairan ketika tubuh membutuhkan lebih banyak.

Selain itu, ginjal membantu mengatur kadar mineral seperti kalsium dan fosfat dalam tubuh. Mereka juga memproduksi hormon-hormon penting yang membantu mengatur fungsi tubuh seperti tekanan darah dan membuat sel-sel darah merah membawa oksigen dan nutrisi penting ke seluruh tubuh.

Untuk tetap sehat, adalah penting untuk menjaga ginjal berfungsi dengan baik. Beberapa gejala umum yang dapat menunjukkan masalah ginjal adalah perubahan warna dan kuantitas urin anda, pusing, muntah, anemia, gangguan pernapasan, sering merasa kedinginan, kelelahan, kulit gatal, bau mulut dan sakit yang tiba-tiba dalam tubuh.

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, konsultasikan dengan dokter anda untuk mendiagnosa kemungkinan penyakit ginjal.

Ada banyak alasan di balik masalah ginjal, diantaranya adalah kebiasaan-kebiasan buruk yang sering orang lakukan yang dapat memicu kerusakan untuk ginjal mereka.

Berikut adalah 10 kebiasaan umum yang dapat merusak ginjal:

1. Tidak mengosongkan kandung kemih anda tepat waktu

Membiarkan kandung kemih penuh untuk waktu yang lama atau menunda keinginan untuk buang air kecil adalah salah satu alasan utama di balik kerusakan ginjal.

Ketika urin tetap dalam kandung kemih untuk waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan bakteri di urin berkembang biak. Pada gilirannya, bakteri ini berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal. Selain itu, membiarkan urin untuk waktu yang lama akan meningkatkan tekanan pada ginjal dan kemungkinan terburuk dapat menyebabkan gagal ginjal dan inkontinensia.

Jika anda terbiasa menunda untuk menanggapi panggilan alam ini, saatnya untuk memperbaiki demi kepentingan ginjal anda. Tidak peduli seberapa sibuknya anda, dengarkan sinyal panggilan alam ini dan turuti mereka.

2. Kurangnya Pemasukan Air

Tidak minum jumlah air yang cukup juga dapat menyebabkan kerusakan yang besar untuk ginjal anda. Fungsi utama dari ginjal adalah untuk mengeluarkan sisa metabolisme dari tubuh dan mengatur produksi eritrosit.

Ketika tubuh kekurangan air, darah akan menjadi kental, mengakibatkan aliran darah yang menuju ginjal berkurang. Hal ini akan menghambat kemampuan ginjal untuk menghilangkan racun dari tubuh, dan efeknya adalah masalah kesehatan pada tubuh anda yang lebih sering.

Menurut National Kidney Foundation, orang dewasa yang sehat harus minum setidaknya 10 sampai 12 gelas sehari cairan untuk menjaga ginjal tetap sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik. Namun, perlu diingat bahwa minum terlalu banyak air juga bisa mengakibatkan ginjal anda bekerja keras. Jadi, jangan berlebihan.

3. Konsumsi Garam yang Tinggi

Secara teratur makan terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan kerusakan besar untuk ginjal anda serta masalah kesehatan lainnya. Ginjal memetabolisme 95 persen natrium yang dikonsumsi melalui makanan.

Ketika asupan garam tinggi, ginjal harus bekerja ekstra keras untuk mengeluarkan kelebihan garam. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan fungsi ginjal menurun dan penimbunan air dalam tubuh. Penimbunan air dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Studi juga menunjukkan bahwa asupan garam meningkatkan jumlah protein urin, salah satu risiko utama berkembangnya penyakit ginjal.

Jumlah garam yang disarankan tidak lebih dari 5 gram per hari. Lebih dari jumlah ini berbahaya bagi ginjal serta kesehatan anda secara keseluruhan. 1 sendok teh garam adalah sekitar 6 gram.

4. Menggunakan Analgesik Secara Rutin

Banyak dari kita memiliki kebiasaan mengkonsumsi analgesik (obat penghilang rasa sakit) untuk mengontrol rasa sakit serta mengurangi demam dan peradangan. Tapi ini bisa merusak organ-organ tubuh yang berbeda, termasuk ginjal.

Penelitian menunjukkan bahwa analgesik dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan fungsi ginjal memburuk. Selain itu, penggunaan analgesik secara berlebih dan jangka panjang dapat menyebabkan gagal ginjal akut atau penyakit ginjal kronis.

Jika anda mengalami penurunan fungsi ginjal, jangan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa meminta saran dokter Anda. Bahkan dengan fungsi ginjal yang normal sekalipun, analgesik harus digunakan atas petunjuk dokter, pada dosis serendah mungkin dan untuk waktu yang singkat.

5. Diet Tinggi Protein

Protein baik untuk kesehatan anda, tetapi konsumsi berlebihan daging merah dan makanan berbasis protein lainnya dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal.

Salah satu peran dari ginjal adalah untuk metabolisme dan mengeluarkan nitrogen dari pencernaan protein. Asupan protein yang tinggi akan meningkatkan beban metabolik ginjal dengan secara kronis meningkatkan tekanan glomerulus dan hiperfiltrasi. Hal ini pada gilirannya meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Jadi, batasi asupan daging merah untuk kesehatan ginjal anda secara keseluruhan. Selain itu, mereka yang memiliki masalah ginjal harus menghindari makan daging merah karena dapat memperburuk kondisi.

6. Minum Alkohol Secara Berlebihan

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada ginjal. Alkohol adalah racun yang menempatkan banyak tekanan pada ginjal dan hati.

Ketika anda minum minuman beralkohol dalam jumlah yang tinggi, hal itu menyebabkan asam urat disimpan dalam tubulus ginjal, yang membawa pada obstruksi tubular. Hal ini pada gilirannya meningkatkan risiko gagal ginjal. Selain itu, alkohol menyebabkan dehidrasi dan mengganggu fungsi normal dari ginjal.

7. Merokok

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, merokok buruk bagi hampir setiap organ tubuh, termasuk ginjal. Beberapa studi telah menunjukkan hubungan antara merokok dan penyakit ginjal.
Bahkan, merokok merupakan faktor utama di balik penyakit ginjal tahap akhir (ESRD, End Stage Renal Disease), menurut American Association of Kidney Patients (AAKP).

Merokok meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung serta mengurangi aliran darah dan mempersempit pembuluh darah di ginjal. Ia bahkan bisa mempercepat hilangnya fungsi ginjal dan memperburuk penyakit ginjal yang ada.

Merokok tidak baik untuk setiap bagian tubuh anda, jadi sekarang saatnya untuk berhenti. Mintalah bantuan dari teman-teman, anggota keluarga atau profesional untuk membantu anda berhenti merokok.

8. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang pada gilirannya akan menaruh beban pada ginjal. Seiring waktu, hal ini dapat merusak ginjal.

Bahkan, menurut sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Kidney International, konsumsi kafein memiliki hubungan yang kuat dengan batu ginjal. Kafein dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin.

Kafein dalam jumlah moderat tidak akan menyebabkan masalah kesehatan bagi kebanyakan orang. Anda dapat minum 1 sampai 2 cangkir kopi, 3 cangkir teh per hari. Juga, batasi asupan sumber kafein seperti minuman ringan, minuman energi, coklat, kakao dan beberapa jenis obat.

9. Mengabaikan Infeksi-infeksi yang Umum

Mengabaikan infeksi-infeksi yang umum seperti pilek, flu, batuk, faringitis, tonsilitis dan lain-lain juga dapat menyebabkan kerusakan besar untuk ginjal anda.

Bahkan, orang yang memiliki penyakit ginjal sering memiliki sejarah tidak beristirahat ketika mereka sakit. Selain itu, orang-orang dengan penyakit ginjal lebih sensitif terhadap perubahan cuaca dan sering menderita sakit.

Bakteri atau virus yang menyebabkan infeksi-infeksi umum dapat merusak ginjal jika pengobatan tidak dilakukan tepat waktu.

Lain kali jika anda menderita salah satu dari infeksi umum diatas, tangani dengan cepat dan tepat. Minum antibiotik dengan benar dan instirahatkan tubuh anda sampai anda merasa lebih baik.

10. Kurang Tidur

Karena gaya hidup yang sibuk, banyak orang mengabaikan pentingnya tidur. Tidur 6 sampai 8 jam setiap hari adalah penting untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

Selama malam hari ketika anda tidur, pembaharuan jaringan organ terjadi. Oleh karena itu, ketika anda tidak mendapatkan tidur yang baik, akan mengganggu proses pembaharuan, mengakibatkan kerusakan ginjal dan organ lainnya.

Studi juga menunjukkan bahwa tidur malam yang kurang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah). Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Cobalah untuk menerapkan kebiasaan tidur yang sehat dan jaga keseimbangan antara kerja dan istirahat. Ini akan sangat membantu melindungi ginjal dari masalah kesehatan dan memungkinkan anda untuk hidup sehat.

Sumber : http://www.akuinginsukses.com/

Wednesday, February 11, 2015

Tanda - tanda Depresi

depresi
SHUTTERSTOCK
Memahami tentang kesehatan mental seringkali disebut tidak semudah memahami masalah kesehatan fisik, karena ciri yang tidak kasat mata, seperti bekas luka atau tekanan darah tinggi yang bisa menjadi penanda suatu penyakit pada pemeriksaan kesehatan fisik.  Depresi, misalnya, terkadang tidak disadari kemunculannya, bahkan oleh orang yang mengalami, karena orang tidak mengenali ciri-ciri depresi yang dialaminya.

Depresi dapat diartikan sebagai sebuah kondisi gangguan psikologis dengan ciri adanya perasaan sedih atau kekosongan mendalam. Orang yang depresi biasanya merasa bahwa mereka seolah masuk ke dalam lubang yang dalam, gelap, dan sulit untuk keluar dari sana.

Berdasarkan Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-V (DSM-V), diagnosis depresi dapat diberikan (hanya melalui pemeriksaan oleh profesional, seperti psikolog/ psikiater!) jika terjadi kemunculan atas setidaknya 5 gejala dari set gejala berikut selama dua minggu berturut-turut:

- Merasa tertekan (sedih, kosong)
- Kehilangan minat beraktivitas
- Nafsu makan/ berat badan terganggu
- Masalah tidur
- Gangguan psikomotorik
- Merasa lelah atau tidak berenergi
- Merasa tidak berharga/ bersalah
- Sulit berpikir/ konsentrasi/ mengambil keputusan
- Berpikir tentang kematian atau mencoba bunuh diri. 

Kemunculan gejala-gejala tersebut biasanya mengganggu fungsi harian dan menurunkan produktivitas orang yang mengalaminya. Keparahan tingkat depresi dapat ditentukan oleh jumlah gejala yang muncul dan intensitasnya.

Penelitian mengenai depresi menunjukkan bahwa setiap orang dapat mengalami depresi pada setidaknya satu masa dalam hidupnya. Pada dasarnya, depresi dapat muncul sebagai manifestasi dari perasaan tertekan mendalam yang dialami seseorang, karena masalah-masalah sehari-hari, perasaan kesepian, dan alasan-alasan lain yang sangat manusiawi. Jadi, mengalami depresi adalah hal yang wajar, bukan sesuatu yang aneh, apalagi memalukan.

Bisa dikendalikan

Kabar baiknya, jika dapat dikenali dan ditangani dengan semestinya, depresi dapat dikendalikan sehingga tidak akan mematikan fungsi keseharian orang yang mengalaminya. Mudahnya, coba bayangkan seseorang yang mengalami flu. Ia sadar bahwa ia flu karena ia beringus dan tenggorokannya sakit. Ia pun mencoba menangani flunya sendiri, misalnya dengan lebih banyak minum air putih dari biasanya, banyak makan buah dan sayur untuk menambah asupan vitamin, dan berangkat tidur lebih cepat di malam hari.

Pendekatan yang sama sebetulnya dapat diterapkan pada masalah kesehatan mental seperti depresi. Langkah pertamanya perlu dimulai dari belajar mengenali gejala depresi diri sendiri, sehingga tahu kapan perlu bertindak untuk melakukan langkah-langkah penanganan yang diperlukan!

Walau secara umum depresi ditunjukkan oleh sekelompok gejala tertentu, namun gejala depresi yang menonjol dapat muncul berbeda pada tiap orang. Ada yang misalnya lebih dikuasai oleh gejala perasaan dan pikiran, seperti sedih berkepanjangan dan berpikir negatif tentang diri sendiri terus-menerus, atau gejala fisik dan perilaku, seperti sulit tidur dan tidak bisa beraktivitas karena merasa lelah sepanjang waktu.

Mengamati ciri awal depresi yang khas pada diri sendiri adalah hal yang penting. Kapanpun gejala awal tersebut muncul, maka seseorang akan dapat langsung mengambil langkah untuk menanganinya. Semakin cepat ditangani tentu semakin baik, bukan?

Nah, sekarang, bagaimana cara menanganinya? Sebelum mulai di bagian ini, perlu diingat bahwa penanganan depresi, terutama yang bersifat kronis, tentu paling disarankan untuk dikonsultasikan dengan profesional, seperti psikolog atau psikiater. Namun, ada juga cara-cara sederhana yang dapat dilakukan oleh orang yang mengalami depresi itu sendiri untuk mengelola gejala depresinya.

Mari kembali sejenak pada contoh flu yang telah dibahas sebelumnya. Dokter dapat memberikan saran medis untuk mengatasi flu, dan memberikan obat jika diperlukan, namun menambah jam istirahat dan menambah porsi buah sebagai asupan vitamin adalah cara ampuh menangani flu yang dapat dilakukan sendiri dan atas kesadaran sendiri pula.

Pada konteks depresi, penanganan mandiri yang dapat dilakukan antara lain menjalankan hobi secara rutin, berolahraga untuk mengelola kondisi fisik dan menenangkan pikiran, melakukan kegiatan yang menyenangkan setidaknya satu kali setiap hari atau ketika gejala depresi muncul, dan bercerita kepada orang yang dapat dipercaya untuk menumpahkan perasaan. 


Cara-cara tersebut dapat  menjadi jurus yang sederhana namun ampuh untuk  mengelola depresi, karena, ingatlah, pada dasarnya setiap orang mampu mengendalikan depresi, dan bukan sebaliknya, dikendalikan oleh depresi. Selamat mencoba!

Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari

air
Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh anda. Tak bisa di bayangkan, jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus merupakan salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Berdasarkan faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih yaitu di pagi hari. Lalu, apa saja manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari bagi kesehatan tubuh anda...???.

 Idealnya seseorang membutuhkan 8 (delapan) gelas air putih per harinya. Ini dikarenakan, banyak sekali aktivitas yang dilakukan yang dapat menguras tenaga dan cairan yang berada di dalam tubuh. Jika kebutuhan air putih tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat capek dan kurang produktif. Pagi hari setelah bangun dari tidur merupakan waktu yang tepat untuk mulai minum air putih tersebut. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai manfaat minum air putih di pagi hari. Berikut ini 7 manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari. :

Selalu Tampil Awet Muda. Faktanya, minum air putih di pagi hari sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah Anda. Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh.

Penyeimbang Sistem Getah Bening. Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki.

Mengontrol Berat Badan Tubuh. Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari. 

Miliki Usus Besar Yang Sehat. Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan minum air putih di pagi hari. akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar. Sehingga penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan dengan baik pula.

Organ Ginjal Yang Lebih Sehat. Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.


Memperlancar Buang Air Besar. Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut.

Tips Efektif Mencegah Kanker Pada Remaja

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang bisa mengancam jiwa setiap manusia. Kanker memiliki nama lain tumor ganas dan neoplasma. Pengertian kanker sendiri yaitu sel - sel abnormal yang tumbuh secara cepat hingga tak terkendali kemudian menyebar ke organ-organ lainnya didalam tubuh anda. Para remaja diharapkan lebih peduli tentang berbagai pencegahan kanker yang benar yang mana bertujuan untuk menekan angka penderita kanker di seluruh dunia. Lalu, apa saja tips super efektif mencegah kanker pada remaja...???.

Menurut data dari badan keseahtan dunia (WHO), Pada tahun 2012, 8,2 juta umat manusia diseluruh penjuru dunia telah meninggal akibat penyakit kanker serta ditemukan berbagai kasus kanker baru yang mencapai angka 60 persen dalam setahun di beberapa negara seperti Afrika, Asia serta Amerika (tengah dan selatan). Berdasarkan data yang tersebut diatas, maka seyogyanya kita mulai peduli tentang penyakit kanker yang mematikan tersebut.  Khusus untuk remaja sebagai generasi penerus bangsa, berikut ini 4 tips super efektif untuk mencegah kanker pada remaja :

Penuhi Kebutuhan Antioksidan. Antioksidan merupakan zat sekaligus nutrisi yang terbukti efektif untuk menangkal radikal bebas yang dapat  memicu ternjadinya penyakit kanker. Anda dapat mencukupi kebutuhan akan antioksidan melalui sayuran berdaun hijau serta aneka buah-buahan.

Memulai Gaya Hidup Yang Sehat. Hidup sehat juga terbukti efektif untuk mencegah timbulnya penyakit kanker. Berbagai kebiasaan sehat yang dianjurkan seperti tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, kontrol berat badan serta rajin berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

Batasi Paparan Sinar Matahari. Sinar matahari pagi tentunya sangat baik untuk kesehatan,  meskipun begitu, anda sebaiknya membatasi paparan sinar matahari di siang hari. Ini dikarenakan, paparan sinar matahari pada siang hari beresiko meningkatkan kanker khususnya kanker kulit.

Pemberian Vaksin. Vaksin merupakan salah satu alternatif untuk mencegah penyakit kanker. Salah satu vaksinnya yaitu vaksin HPV yang berguna untuk mencegah kanker serviks yang menyerang para wanita termasuk remaja khususnya remaja wanita.

    Semoga tips tentang kesehatan yang mengulas beberapa tips mencegah kanker pada remaja dapat bermanfaat bagi anda. 

Image courtesy of stockimages at FreeDigitalPhotos.net
Sumber : zeenews.india, who.